6 Tips Agar Amal Ibadah Puasa Kita Diterima Oleh Allah SWT


IMADOES.COM - 6 Tips Agar Amal Ibadah Puasa Kita Diterima Oleh Allah SWT || Puasa merupakan ibadah yang sangat spesial bagi umat Islam, bahkan seluruh umat yang beriman tanpa terkecuali. Dari umat terdahulu sebelum Islam ada sudah ada puasa. Sudah dijalankan oleh umat nabi sebelum nabi Muhammad SAW meskipun sifatnya berbeda dengan puas Ramadhan.

Dalam Al- Qur’an pun juga sudah dijelaskan bahwa Allah memerintahkan berpuasa bagi orang yang beriman bukan hanya orang Islam saja. Di bulan yang suci ini banyak sekali orang yang berbondong- bondng meningkatkan ibadah untuk mengharap ridhoNya, namun juga banyak yang acuh terhadap bulan suci Ramadhan ini. Berpuasa ialah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa.

Jika seseorang tidak makan dan tidak minum serta tidak melakukan hal – hal yang menyebabkan batalnya puasa, bmaka menurut syariat puasanya sudah sah. Akan tetapi hakikatnya puasa tidak hanya menahan diri dari makan dan minum saja. Dalam hadits juga dijelaskan “betapa banyak orang yang berpuasa, namun mereka tidak mendapatkan apa – apa dari puasanya keculai lapar dan dahaga.(HR.Ahmad). Dari hadits diatas tentunya kita tidak mau ibadah puasa kita sia – sia.

Imam Abu Hamd al Ghazali dalam Ihya ‘Ulum al Din mengemukanan permsalahan yaitu apakah ada puasa yang sah namun tidak memiliki nilai? Dalam hal ini ia menjelaskan ungkapan sah ialah istilah yang digunakan ahli fiqih terhadap puasa yang memenuhi syarat dan rukunnya saja. Akan tetapi para ulama akhirat tidak hanya berorientasi kepada penilaian sah semata, lebih pada kualitas puasa sehingga diterima di sisi Allah SWT. Berdasarkan tujuan tersebut, al Ghazali memberikan 6 tips agar amal ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT:

Pertama:
Menjaga pandangan dari sesutau yang diharamkan. Hal ini dijelaskan dalam hadits bahwa pandangan terhadap sesuatu yang haram merupakan bagian dari panah – panah syaitan. (HR. Al Hakim dan al Thabrani).

Kedua:
Menjaga lisan dari gosip, bohong, ghibah, debat serta cacian. Sebaiknya lebih banyak melakukan dzikir dan membaca Al – Qur’an . Dalam hadits juga dijelaskan bahwa apabila seseorang diantara kamu ada yang berpuasa, maka janganlah berkata keji dan bertengkar. Apabila ada orang yang mengajak kamu bertengkar, maka katakanlah Aku sedang berpuasa. (HR. Mutafaqqun ‘alaih)

Ketiga:
Menjaga pendengaran dari mendengarkan hal – hal yang dibenci oleh Allah SWT. Al Ghazali menjelaskan bahwa bersikap diam ketika ada pergunjingan juga termasuk diharamkan. Hal ini juga tertuang dalam hadits, diterangkan Nabi SAW melarang pergunjingan dan juga mendengarkannya.

Keempat:
Menjaga anggota badan dari segala aktivitas yang dibenci oleh Allah. Serta perut dari makanan sesuatu yang syubhat ketika berbuka. Ingat berpuasa tidak ada nilainya jika menahan dari dari sesuatu yang halal , akan tetapi ketika berbuka dengan sesuatu yang haram.

Kelima:
Menahan diri dari berbuka secara berlebihan, meskipun makanan yang dikonsumsi ialah makanan yang halal. Memnag ketika kita berpuasa ingin makan beraneka makanan ketika berbuka, sehingga mengakibatkan kita malas dan suka tidur. Dengan demikian kita tidka bisa memakmurkan malam Ramadhan.

Keenam:
Menghadirkan perasaan takut atau khawf tidak diterima puasanya dan mengharapkan agar puasa kita diterima oleh Allah SWT. Hal ini dilakukan setelah berpuasa, bahkan di setiap selesai kita beramal apa pun. Hal ini karena jika Allah menerima puasa seseorang, maka ia termasuk orang yang diridhoi. Dan sebaliknya jika Allah menolaknya, maka orang tersebut termasuk orang yang dimurkai.

Dari tips-tips di atas bisa kita simpulkan bahwa agar puasa kita diterima oleh Allah, kita harus melaksanakan puasa secara dzahir dan batin. Semoga Allah menerima puasa dan semua amal ibadah kita sehingga kita menjadi hambanya yang diridhai. Demikian uraian tentang tips agar amal ibadah puasa kita diterima.

Sumber: hijapedia.com



Tidak ada komentar untuk "6 Tips Agar Amal Ibadah Puasa Kita Diterima Oleh Allah SWT"