Tips Mempertahankan Wudhu Sepanjang Hari


IMADOES.COM - Tips Mempertahankan Wudhu Sepanjang Hari || Wudhu adalah ibadah yang sangat ringan dan mudah. Kendati dianggap ringan dan mudah, ibadah wudhu ini memiliki khasiat dan keutamaan (fadlilah) yang sangat besar bagi pelakunya, secara jasmani maupun ruhani.

Menjaga wudhu berarti kita gak pernah dalam kondisi batal wudhu. Setiap kali batal wudhu, segera mengambil wudhu lagi. Ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh ketika kita menjaga wudhu sepanjang hari, terlebih bagi ibu-ibu yang dalam masa menyusui atau mengandung. Lalu apa saja manfaat dari menjaga wudhu itu? Diantaranya adalah:

Pertama, menghemat waktu karena pada saat di perjalanan, terutama, pada saat kita sibuk mencari masjid untuk mendirikan shalat. 

Kedua, dalam beberapa hal menghemat penggunaan air, terutama bila kita bisa menahan buang angin dalam kurun yang panjang. Ketiga, Insya Allah terjaga dari kemungkinan berbuat maksiat karena kita dalam keadaan bersuci. Godaan syetan dan iblis itu sungguh luar biasa dan kadang masuk dalam relung hati kita dengan sangat halus karena lihainya mereka mengelabui diri kita.

Nah, setelah kita mengetahui beberapa manfaat dari menjaga wudhu, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mempertahankan wudhu sepanjang hari? Berikut adalah tips mempertahankan wudhu sepanjang hari yang dapat diikuti:

Di pagi hari saat bangun tidur, ambil wudhu untuk shalat subuh. Pertahankan wudhu tersebut semaksimal mungkin.
  1. Hindari makanan yang mengandung gas tinggi karena cenderung akan membuat perut begah atau mulas sehingga mudah buang gas atau kentut.
  2. Hindari menyentuh lawan jenis yang bukan mahrom.
  3. Hindari menyentuh benda-benda najis, baik najis ringan, sedang maupun berat.
  4. Segera ambil wudhu saat kita batal wudhu, baik karena buang air, buang gas atau bersentuhan dengan yang bukan mahrom.
  5. Tidur juga dapat membatalkan wudhu, bagi yang memiliki rutinitas tidur siang, segera ambil wudhu kembali setelan tidur siang.
  6. Selalu tidur baik malam maupun siang dalam keadaan suci atau memiliki wudhu.

Sumber: hijapedia.com

Tidak ada komentar untuk "Tips Mempertahankan Wudhu Sepanjang Hari"